Kliping Adalah, Contoh Kliping dan Cara Membuat

Kliping Adalah, Contoh Kliping dan Cara Membuat

Pengertian Kliping dan Definisi Kliping 

Kliping Adalah Kegiatan/aktifitas mengumpulkan sebuah informasi tentang suatu topik/tema dari beberapa media informasi seperti buku, majalah, koran atau media cetak yang ada dengan cara mengguntingnya dan menempelkannya pada sebuah bidang buku/kertas karton dengan tujuan agar semua informasi yang terkait tentang tema yang terdiri dari beberapa sumber tersebut dapat dimanfaatkan sesuai dengan kepentingan si pembuat.

kliping adalah

Buku yang berisi potongan-potongan informasi tersebutlah yang kita sebut dengan Kliping. Kliping sendiri biasanya terdiri dari satu tema/topik yang sama dalam satu buku, misalnya saja, Kliping olahraga, kliping bencana alam, Kliping Resep masakan/minuman, kliping politik, kliping teknologi, kliping pendidikan, kliping seni dan budaya, kliping perjalanan, kliping petualangan dan masih banyak lagi jenis-jenis kliping berdasarkan tema yang ada. Setiap satu kumpulan kliping berisi satu topik yang relevan, jadi, jarang ditemukan tentang kliping yang memiliki banyak tema sekaligus.

Kliping juga sering digunakan sebagai sumber informasi yang relevan karena sifatnya yang memiliki topik yang terpusat. akan lebih mudah mencari sebuah informasi dari sebuah kliping, karena kliping akan memberikan semua hal atau informasi yang berkaitan dengan tema tertentu. Tidak hanya sebagai sumber informasi yang terpusat, kliping juga mempunyai beberapa manfaat yang lain, misalnya melatih kreativitas, menambah wawasan, menambah kemampuan mengumpulkan sebuah informasi, dan lain sebagainya.


Cara Membuat Kliping


Untuk membuat sebuah kliping yang baik dan benar, ada beberapa hal yang perlu kita siapkan terlebih dahulu agar hasil dari kliping yang kita buat akan menjadi sebuah kliping yang bagus.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membuat kliping:

1. Menentukan Tema Kliping
Tema merupakan topik utama yang akan kita buat, sebelum memulai mengumpulkan informasi yang akan dijadikan bahan kliping, anda harus terlebih dahlu memilih dan menentukan tema kliping. hal ini bertujuan agar kliping yang akan kita buat menjadi sebuah kliping yang relevan, rapi, runtut, dan enak dibaca, sehingga akan memberikan informasi yang menarik dan berurutan bagi pembaca kita. Ada beberapa contoh tema yang bisa kita ambil, misalnya saja, Kliping tentang olahraga, kliping tentang bencana alam, kliping tentang kesehatan, kliping tentang resep, kliping tentang teknologi dan lain sebagainya.

Sedikit tips untuk memilih tema, pilihlah tema yang lebih spesifik, jangan terlalu general, karena tema yang lebih spesifik akan memudahkan kita dalam mencari informasi untuk bahan kliping yang akan kita buat. Contoh: "Kliping Tentang Cabang Olahraga Bola Voly"

2. Mengumpulkan Bahan Kliping (Gambar, Artikel, Data, atau informasi mengenai tema kliping)
Setelah anda memilih satu tema yang cocok, mulailah mengumpulkan semua bahan yang akan kita jadikan kliping, bahan-bahan kliping bisa berupa apapun yang terkait dengan tema kita, Gambar, artikel, data, tabel, statistik, dan semua informasi bisa kita jadikan sebagai bahan kliping. untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut, anda bisa mencarinya di koran, majalah, media cetak, maupun dari internet. Di era seperti sekarang ini, internet menjadi sebuah pilihan utama untuk mencari sebuah informasi, anda bisa membuat kliping dari internet dengan mencetak informasi yang anda dapat terlebih dahulu, Namun, ada baiknya anda mengumpulkan informasi dan gambar dari media cetak seperti koran-koran lama, majalah lama dan lainnya mulai dari tahun terlama hingga tahun terbaru secara berurutan sesuai dengan tanggal terbitnya.

3.  Langkah selanjutnya, setelah semua bahan anda dapatkan baik gambar maupun informasi terkait, potonglah informasi tersebut dan kumpulkan berdasarkan urutan tanggal atau pun tahun. pada tahap ini, anda bisa mulai menempel guntingan-guntingan informasi di media yang kosong, seperti, kertas HVS, ataupun buku. untuk mendapatkan hasil kliping yang bagus, buatlah sistematis /skema kliping, misalnya, judul informasi, gambar, keterangan, sumber, harus disertakan pada tiap-tiap lembar kliping yang kita buat. agar lebih menarik, anda bisa bermain dengan warna-warna.

4. agar kliping menjadi lebih menarik dan informatif, buat lah bebeberapa ornamen tambahan seperti, bunga, pita, atau sesuatu yang dapat menambah keindahan sesuai dengan kreatifitas kita masing masing. dan yang terakhir...

5. tambahkan beberapa halaman navigasi seperti cover (sebagai identitas si pembuat kliping, bisa berisi profil kita), daftar isi (untuk memudahkan pencarian pada halaman tertentu sesuai judul)


Sistematika Penyusunan Kliping

Agar menghasilkan kliping yang rapi, tentunya ada beberapa aturan dalam penyusunan yang disarankan, agar kliping yang kita buat tersusun secara sistematis, adapun sistematika dalam penyusunan sebuah kliping adalah sebagai berikut :

SISTEMATIKA PENYUSUNAN KLIPING
- Sampul/Cover Kliping
- Kata Pengantar Kliping
- Daftar Isi Kliping
- Isi Kliping
- Kesimpulan Kliping
- Daftar Pustaka

Cover Kliping atau Sampul 
Cover menjadi salah satu bagian yang utama dalam pembuatan kliping, di dalam cover anda bisa menuliskan tema dari kliping yang anda buat, identitas pembuat kliping, logo organisasi atau gambar sampul kliping, dan tahun pembuatan kliping.

Cover yang menarik tentunya akan membuat pembaca penasaran, buatlah cover yang bisa mengambarkan apa saja isi yang terdapat dalam kliping tersebut, semakin menarik covernya, akan menambah nilai dari sebuah kliping

Kata Pengantar
Kata pengantar pada sebuah kliping bersifat opsional, artinya, anda bisa menyertakan/menulis sebuah prakata pada kliping anda, atau tidak sama sekali. Namun, kata pengantar disini bertujuan sebagai sarana dari penulis sebagai wujud rasa syukur bahwa kliping tersebut telah selesai dibuat.

Daftar isi
Daftar isi menjadi satu halaman yang penting karena berfungsi sebagai navigasi pembaca untuk menemukan sebuah halaman pada kliping anda. Adanya daftar isi akan lebih memudahkan pembaca dalam menggali apa saja yang terdapat dalam kliping tersebut, selain sebagai navigasi, daftar isi juga membuat kliping yang kita buat menjadi lebih rapi

Isi Kliping
Isi adalah pembahasan dan hasil dari anda mencari dan mengumpulkan bahan-bahan kliping menjadi satu kesatuan. Setiap halaman isi yang telah di tempel di kliping anda usahakan berikan Judul, Tanggal, Gambar, Artikel/informasi, dan sumber agar isi dari kliping tersebut lebih menarik dan valid. Isi merupakan hal yang pokok, jadi usahakan buat isi/kliping semenarik dan sebagus mungkin, agar pembaca lebih betah dalam menikmati hasil karya anda.

Kesimpulan
Pada halaman ini, anda bisa menambahkan kesimpulan dari apa yang telah anda buat. buatlah kesimpulan yang singkat dan jelas agar pembaca dari kliping anda, mengetahui secara singkat apa yang ada dari semua rangkuan isi yang ada pada kliping tersebut.

Daftar Pustaka
Daftar isi berisi informasi/sumber dari mana saja anda mendapatkan klip-klip yang telah tertempel pada kliping anda. buatlah daftar isi sesuai dengan kaidah pengejaan yang benar dan sesuai.



Contoh-contoh Kliping Beserta Gambarnya


Contoh Kliping Olahraga

Contoh Kliping Bencana Alam

Contoh Kliping Alat Musik

Contoh Kliping Politik

Contoh Kliping Agama

Contoh Kliping Seni Budaya

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Kliping Adalah, Contoh Kliping dan Cara Membuat"

Back To Top