Contoh Kliping Bencana Alam Angin Puting Beliung + Gambar

Contoh Kliping Bencana Alam Angin Puting Beliung di Indonesia + Gambar

Angin Topan atau Angin puting beliung adalah Sebuah bencana yang terjadi akibat adanya pusaran angin yang begitu besar yang dapat mengakibatkan suatu bencana dan kerusakan yang sangat parah, Pada umumnya bencana angin puting beliung terjadi disertai dengan hujan deras. Awal mula terjadinya angin puting beliung biasanya di awali munculnya awan berbentuk jamur yang besar atau sering disebut dengan  awan cumulonimbus, yang mana pada fase pembentukan awan cumulonimbus ini, terjadi proses aliran udara yang sangat cepat yaitu arus udara naik keatas yang sangat kuat yang disebabkan oleh suhu udara di dalam awan cumulonimbus akan menjadi sangat dingin, akibatnya kandungan air yang ada pada awan akan mengkristal hingga membeku dan membentuk butiran-butiran es padat. karena udara yang ditimbulkan oleh awan cumulonimbus menjadi sangat dingin, hal tersebut memicu pergerakan udara dengan suhu yang lebih panas akan bergerak dengan sangat cepat (udara panas mengalir ke udara yang lebih dingin)  sehingga menyebabkan angin kuat yang sangat kencang yang mana  kita sering sebut dengan angin puting beliung.

Kliping-Bencana-Alam-tornado (1)
Baca Juga :

Dampak Angin puting beliung

angin puting beliung dapat menimbulkan dampak yang sangat besar, biasanya, segala sesuatu yang dilewati oleh angin ini akan hancur rata dengan tanah, dikarenakan kekuatan angin yang sangat besar. area terdampak dari angin puting beliung ini bisa mencapai area seluas 5 km bahkan lebih. rumah, bangunan, pepohonan akan tersapu oleh angin hancur dan tumbang diterjang puting beliung. bahkan yang terburuk, angin puting beliung dapat menimbulkan korban jiwa.

Contoh Kliping Tentang Bencana Alam Angin Puting Beliung di Indonesia Beserta Gambar


Angin Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah di Pangandaran 
angin puting beliung (1)

PARIGI, (PR).- Angin puting beliung menerjang daerah Kabupaten Pangandaran Rabu 12 Oktober 2016. Ratusan rumah warga yang berada di Kecamatan Parigi juga ikut terdampak dan mengakibatkan beberapa kerusakan. Selain itu, dilaporkan ada seorang warga tewas karena tersambar petir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pangandaran Nana Ruhena mengatakan bahwa angin puting beliung yang terjadi di  Kecamatan Parigi, salah satunya di Desa Kalangjaladri. Untuk sementara, kata dia, BPBD Pangandaran telah mendata kurang lebih 190 rumah yang rusak karena diterjang angin puting beliung. ”Data terakhir, kurang lebih seratus sembilan puluh rumah yang rusak,” kata Nana.

tidak hanya menerjang dan merusak rumah, angin puting beliung tersebut juga memakan korban jiwa dan beberapa orang luka-luka. ”Korban luka sudah dibawa ke rumah sakit,” tutur Nana.

Kepala Desa Kalangjaladri yang bernama Dedi Kurniadi berkata, ketika angin puting beliung itu terjadi di daerahnya , keadaan cuaca saat itu hujan yang teramat deras. yang mana hal tersebut mengakibatkan pepohonan di daerah yang dilewati tumbang diterjang angin. Dan Parahnya lagi, tumbangnya pepohonan yang ada di Desa tersebut memimpa beberapa rumah warga.



32 Rumah Rusak Terkena Angin Puting Beliung di Sukabumi

bencana angin puting beliung d (1)

SUKABUMI, KOMPAS.com -  32 rumah rusak dihantam angin puting beliung di Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (18/7/2016).

Beberapa puluh rumah rusak pada bagian atam, genting berterbangan di hempas angin puting beliung yang melewati 4 dusun di kecamatan tersebut, yaitu di Parung Baliung, Nagrog Bantar Karet, Kadupugur, dan Perumahan Grya Pesona Lestari.

''Peristiwa angin puting beliungnya terjadi sekitar pukul 14.08 WIB. Rumah-rumah yang rusak sudah didata, ada kurang lebih 32 rumah,'' kata Kepala Desa Cijalingan Isep Syarif Hidayat kepada Kompas.com pada saat pemeriksaan  ke perkampungan warga di Kampung Parung Baliung, Senin.

Menurut Isep, 32 rumah yang rusak tersebut pada umumnya mengalami kerusakan pada bagian atap yang mengakibatkan gentik berjatuhan karena disapu angin sangat kencang. disamping itu, ada banyak pohon yang roboh dan beberapa antena rusak.

Untuk menangani bencana angin puting beliung, kepala desa akan melakukan koordinasi dengan kecamatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi.

Sekretaris camat Cicantayan Engkus Kustaman menyatakan bahwa untuk saat ini laporan bencana angin puting beliung hanya terjadi di Desa Cijalingan.



Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah di Bandung Barat
bencana angin puting beliung di indonesia (1)

Bandung Barat - Puluhan hunian di Kabupaten Bandung Barat mengalami kerusakan yang disebabkan oleh sapuan angin puting beliung. Namun dari kejadian tersebut dipastikan tidak ada korban jiwa yang diakibatkan oleh Angin puting beliung.

Puting beliung menerjang beberapa wilayah di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (2/4/2017), kejadian tersebut terjadi kira-kira jam 14.30 WIB. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Barat Dicky Maulana mengatakan bahwa dari informasi yang didapat olehnya, ada 2 wilayah yang terkena dampak dari bencana angin puting beliung yakni Kampung Seketendo dan Kampung Seke Bangbara.

Angin puting beliung menyapu beberapa unit rumah yang berada di dua wilayah itu dan mengalami kerusakan yang bervariasi hingga kerusakan yang teramat sangat parah. Di Kampung Seketendo, RT 01/13 ada 16 hunian mengalami kerusakan. Ada dua rumah yang mengalami rusak berat. Kemudian di RW 14 meliputi RT 01-04, sebanyak 21 rumah Juga mengalami kerusakan yang parah. Di RW 17 ada sebanyak 22 rumah rusak tiga di antaranya rusak berat.



Puting beliung di Sulsel telan korban jiwa

bencana angin puting beliung (1)
Bencana angin puting beliung juga menghantam sebelas kecamatan di Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan pada Senin (7/1), pukul 21.00 WITA.

Selain mengakibatkan ratusan rumah rusak parah, angin puting beliung juga menewaskan salah seorang warga. Seorang wanita berusia 40 tahun menjadi korban dari ganasnya angin puting beliung, dia adalah salah seorang warga di kecamatan Tempa. Di duga, penyebab dari meninggalnya wanita tersebut adalah karena tertimpa pohon yang roboh..

BPBD Kabupaten Pinrang langsung menuju lokasi dan melakukan penanganan darurat bagi warga yang terdampak bencana tersebut.. BPBD berkoordinasi seluruh lapisan masyarakat dan juga instansi terkait untuk bekerja sama membersihkan material-material yang berserakan akibat angin puting beliunt. Ada banyak rumah yang rusak dan tidak bisa dihuni, dan hingga saat ini ada banyak warga korban menjada tinggal di pengungsian.

Puting beliung tercatat sering terjadi di wilayah Kabupaten Pinrang. Pada Febuari 2012, angin merusak 133 bangunan rusak dan beberapa angin puting beling juga terjadi pada bulan Maret, Oktober dan Desember.

Puting beliung merupakan bencana yang paling sering terjadi di Indonesia. Selama tahun 2012 data sementara terdapat 259 puting beliung dengan korban 36 orang meninggal, 27.254 orang mengungsi dan lebih dari 15 ribu rumah rusak ringan mau pun berat.

Angin Puting Beliung Rusak 8 Rumah di BogorAngin Puting Beliung Rusak 8 Rumah di Bogor

Kliping-Bencana-Alam-tornado (1)

Liputan6.com, Bogor - Setidaknya 8 hunian warga mengalami kerusakan karena diterjang angin puting beliung di Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bencana puting beliung yang terjadi dibarengi dengan hujan yang sangat lebat itu terjadi pada Minggu sore (13/8/2017).

Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Ciburuy Bripka Dadang Suhendar menyatakan, puting beliung mengakibatkan puluhan rumah rusak pada bagian atap atap seperti seng, genteng, dan asbes yang berterbangan di sapu angin.

Sama halnya rumah punya Jaya, Ketua RT02/03 desa Ciburuy. Pada bagian atap rumah itu terlihat genteng nya sudah tersapu bersih oleh hempasan  angin puting beliung dan terlihat berlubang.  Akan tetapi, bencana alam tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun korban luka.

 Pengurus desa setempat, masih melakukan pendataan lebih lanjut terkait bencana puting beliung ini.




Itulah Contoh Kliping Tentang Bencana Alam Angin puting beliung di indonesia. Semoga bermanfaat

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Contoh Kliping Bencana Alam Angin Puting Beliung + Gambar"

Back To Top